Thursday 31 January 2013

Tawangmangu Waterfall, Solo, Indonesia

Hello travelers! Apa kabar? Sehat selalu ya! Kali ini indotourage bakal mengulas tentang salah satu air terjun tercantik di pulau jawa.. Cekidot!


Meski berada di garis ekuator dengan suhu udara panas dan lembab, Indonesia dianugerahi dengan banyak pegunungan yang menawarkan kesejukan. Jika Anda kebetulan berada di Kota Solo, cobalah untuk mampir ke Air Terjun Tawangmangu.

Monkey at Tawangmangu, Solo


Tawangmangu menyuguhkan sedikit keindahan yang dimiliki oleh Gunung Lawu. Air terjun kebanggaan Kota Solo ini terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, atau sekitar 37 km arah timur Kota Solo. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Grojogan Sewu yang berarti air terjun seribu.
Walaupun berada di kaki Gunung Lawu, tapi objek wisata ini termasuk mudah dijangkau. Angkutan bus kota bisa dengan mudah Anda temui. Dengan perjalanan darat, Air Terjun Tawangmangu bisa Anda tempuh dengan hanya memakan waktu 1,5 jam dari pusat Kota Solo.

Tawangmangu, Solo

Waktu yang disarankan untuk datang ke objek wisata ini adalah saat pagi dan siang hari. Suasana pagi Tawangmangu sangat indah dan eksotik. Udara dingin khas pegunungan dan kabut dari puncak gunung yang menyelimuti memberikan aura keindahan tersendiri. Berjalan-jalan sambil menikmati indahnya areal persawahan, melihat aktivitas penduduk di pagi hari, ataupun menjelajahi pasar sangat manjur untuk menghilangkan penat dari kesibukan sehari-hari.
Saat tiba di lokasi, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan air terjun yang deras. Anda bisa bermain air di kolam sambil dihempas air dari ketinggian 81 meter. Benar-benar memberikan sensasi yang segar.
Waterfall, Tawangmangu
Kesejukan sangat terasa di sini. Jelas saja, Tawangmangu berada di dalam kawasan hutan lindung seluas 20 hektar. Jangan kaget jika saat menikmati sejuknya air terjun, Anda akan ditemani oleh ribuan kera yang hidup bebas di sana.
Selain wisata air, di sana juga tersedia banyak aktivitas lainnya, seperti arena outbond, arung jeram, flying fox, arena bermain anak, dan pemancingan. Namun, berjalan-jalan menikmati pemandangan kaki Gunung Lawu merupakan kegiatan terfavorit di sini.

Waterfall, Tawangmangu
Jangan takut akan kelaparan, sebab di sekitar air terjun tersedia kios-kios kecil pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Makanan yang paling disukai wisatawan yang datang ke Tawangmangu adalah sate kelinci. Daging kelinci yang dipadu dengan bumbu kacang dan lontong bisa membuat liburan Anda kali ini makin lengkap.
Jadwal Buka
Senin - Minggu pk 08.00 - 16.00 WIB
Idul Fitri pk 06.00 - 18.00 WIB

Harga Tiket
Pengunjung domestik: Rp 18.000
Pengunjung mancanegarak: Rp 18.000
Pelajar: Rp 9.000


-Afiandy

No comments:

Post a Comment