Wednesday 23 January 2013

Lengkuas Island, Bangka Belitung, Indonesia

Haloo touragers! Petualangan seru dan menakjubkan kami dapatkan dalam bertualang di pulau indah nan eksotis, siapkan dirimu!

"kecil, tak lebih dari satu hektar luasnya.. tapi datang dan lihatlah sendiri dengan matamu, indah luar biasa kawan!! kapan-kapan kau harus ke sini!" itulah jawaban dari seorang teman dunia maya ketika saya tanya tentang Pulau Lengkuas. Pulau ini terletak di provinsi Bangka - Belitung, tepatnya masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung.

Pulau Lengkuas




Provinsi Bangka - Belitung merupakan provinsi kepulauan yang terdiri dari 2 pulau utama yaitu Pulau Bangka, dan Pulau Belitung [Negeri Laskar Pelangi], serta ratusan pulau kecil lainnya. Total keseluruhan mencapai kurang lebih 470 pulau, dan hanya sekitar 50 pulau yang berpenghuni.

Pulau Lengkuas, Indonesia

Pulau Lengkuas sendiri dihuni oleh 3 manusia ramah penjaga mercusuar. Pulau ini memiliki sebuah mercusuar peninggalan Belanda. Dibangun pada tahun 1882 dan masih berfungsi hingga sekarang. Saat ini, selain sebagai pemandu lalu lintas perairan laut, mercusuar tersebut juga menjadi objek wisata utama di Pulau Lengkuas. Dari puncak mercusuar, wisatawan bisa menikmati pemandangan eksotis batuan granit yang memisahkan pantai pasir putih dengan laut biru yang begitu bening.

Lengkuas Island, Indonesia

Pulau Lengkuas merupakan paduan sempurna keindahan pantai. Pohon-pohon hijau yang tumbuh alami, butir - butir pasir putih yang berkilauan oleh sinar matahari, serta batuan granit yang tampak megah membatasi laut yang begitu biru. Semuanya terlihat sempurna dengan gradasi warna langit yang cerah, tak heran jika pulau ini menjadi salah satu icon pariwisata provinsi kepulauan Bangka Belitung.

Lengkuas Island, Indonesia

Informasi Wisata Pulau Lengkuas [Bangka-Belitung]
Akses : Transportasi menuju Pulau Lengkuas bisa diakses dari Tanjung Binga. Tanjung Binga - Lengkuas berjarak sekitar 30 sampai 40 menit menggunakan perahu, tarif sewa perahu berkisar antara Rp 350.000 - Rp 400.000 per kapal. Menuju Pulau Lengkuas bisa juga dari Tanjung Kalayang, namun jarak yang di tempuh sedikit lebih jauh.

Pulau Lengkuas

Fasilitas : Untuk penginapan, resort, dll yang terdekat dari Pulau Lengkuas hanya ada di Belitung. Bila ingin menginap di Pulau Lengkuas, kita sebaiknya membawa tenda dan mendapat ijin dari petugas penjaga mercusuar.

Lain-lain : Tidak jauh dari Pulau Lengkuas terdapat sebuah pulau yang tak kalah indahnya yaitu Pulau Burung, disebut demikian karena pulau tersebut dipenuhi batuan granit dan yang mencolok adalah salah satu bebatuan granit di tepi pantai terlihat menyerupai burung. biasanya wisatawan yang menuju Lengkuas akan mampir di Pulau Burung ketika perjalanan pulang.

Lengkuas, Bangka Belitung, Indonesia

Provinsi Kepulauan Bangka - Belitung menyimpan potensi pariwisata yang sangat besar, selain Lengkuas, banyak juga tempat-tempat lain yang tak kalah indahnya, eksotis, dan menakjubkan.

-Afiandy

No comments:

Post a Comment